Article Detail
PELATIHAN TIM KEHUMASAN NASIONAL
Itulah salah satu trik yang dibagikan Mas Yohanes Bara (biasa disapa Bara) sekaligus narasumber kegiatan ini . Acara pelatihan tim kehumasan Nasiona diikuti oleh bapak ibu guru di 7 wilayah se-Indonesia termasuk Bengkulu. Kegiatan dilaksanakan secara virtual pada tanggal 16 Maret 2021. Pelatihan hari ini dipandu oleh Bapak F. Anang Winarto, selaku Kepala Bagian Umum Tarakanita Wilayah Jawa Tengah. Kegiatan pelatihan dimulai pada pukul 09.00 -11.30 WIB dan diikuti 259 orang guru dan kayawan yang merupakan perwakilan dari masing-masing wilayah. “ Mengelola media sosial sebagai sarana publikasi atau promosi sangat efisien untuk saat ini. Selain murah dan mudah, penggunaan bertujuan untuk menambah nilai jual lembaga kita kepada masyarakat.” tandas Bara yang sekaligus penulis dan pendiri Incubator kepada peserta pelatihan. Mahasiswa yang sedang melanjutkan S2 di universitas Atma Jaya jurusan manajemen SDM juga mengatakan media zoom juga dapat digunakan untuk tujuan promosi dengan biaya yang lebih murah dan mudah. Sebelum terlalu jauh dalam menjelaskan, Bara memaparkan data terbaru grafik jumlah penduduk di Indonesia, jumlah pengguna HP/gadget, pengguna media social, dan dijabarkan konten yang paling berpotensi dalam berpromosi. Terlihat bahwa pengguna internet lebih banyak daripada jumlah penduduk. Dijelaskan pula bahwa potensi yang paling besar dalam memposting lembaga kita dapat melalui youtube, Instagram, whatsap, dan facebook. Pendiri Tubimore Jogjakarta ini menyampaikan bahwa ada kaidah yang harus diperhatikan dalam posting sebuah poster, mulai dari warna, font dan gambar agar pembaca tidak bosan dan mau membaca postingan di medsos kita serta apabila mengunggah konten di youtube, thumbail perlu diperhatikan dan dibedakan.
Dalam
kesempatan ini, Bara juga berpesan kepada semua peserta untuk melihat
tanda-tanda jaman, bagaimana anak anak jaman sekarang bias dibantu belajar melalui
media social agar menjadi lebih kreatif serta
aktip. Siswa dapat menyelesaikan
permasalahan yang kompleks dan berfikir kritis. Tiga Pesan penting yang
disampaikan Bara sebelum mengakhiri materi kepada semua peserta yaitu
1. Posting dimedia social minimal 2 hari sekali. Semakin banyak postingan semakin baik,
2. Pembuatan video terjadwal,
3. Pembuatan tagar disepakati agar tujuannya sama dan lebih
familier.
Sebelum acara ditutup, Bapak Frans selaku Kepala Bagian Humas Yayasan Tarakanita Pusat memberikan penguatan bagi seluruh peserta bahwa banyak media informasi yang bisa digunakan untuk mempromosikan sekolah kita, saling meneguhkan, dan saling menguatkan untuk mewartakan nilai yang kita hidupi dilembaga kita.
-
there are no comments yet